Upaya Dibya Tumeka Puputing Yuswa

Selasa, 18 Mei 2010

HIKMAH BULAN DZULHIJJAH

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan kasih dan sayang kepada kita dan cucuran nikmat-Nya dari nikmat iman, sabar, tawakal, ihlas syukur serta hati yang tabah dalam menjalani segala aktifitas kewajiban dan kesunahan. Tak lupa memohon kepada Allah mudah-mudahan kita dimudahkan untuk meninggalkan segala yang dilarang dan dibenci oleh-Nya

Sholawat dan salam semoga senantiasa tersanjung kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW.
Mudah-mudahan tulisan ini dapat sedikit menjadi pendorong dalam beribadah dan mendekat kepada Allah SWT. Dan akhirnya kita dapat menghiasi dengan kebaikan di bulan suci ini ( bulan DZULHIJJAH).
Keutamaan-keutamaan di bulan Dzulhijjah adalah sebagai berikut :

a. 1 Dzulhijjah adalah diampuninya dosa Nabi Adam , maka barang siapa yang berpuasa akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT.
b. 2 Dzuhijjah diampuninya dosa Nabi Yunus, maka barang siapa yang berpuasa akan dicatat pahalanya seperti orang yang beribadah selama setahun dan tidak pernah berbuat maksiat walau sekejap mata.
c. 3 Dzulhijjah adalah diterimanya do’a Nabi Zakariyah , maka barang siapa yang berpuasa akan dikabulkan doanya apa saja yang dimintanya.
d. 4 Dzulhijjah adalah hari lahirnya Nabi Isa , maka barang siapa yang berpuasa akan dihilangkan dari kemiskinan dan selamat dari kefakiran.
e. 5 Dzulhijjah adalah hari lahirnya Nabi Musa , maka barang siapa yang berpuasa akan selamat dari kemunafikan.
f. 6 Dzulhijjah adalah hari dibukanya kebaikan, barang siapa yang berpuasa maka tidak akan disiksa selamanya oleh Allah SWTdan Allah akan welas kepandanya.
g. 7 Dzulhijjah pintu neraka ditutup dan pintu surga dibuka oleh Allah, maka barang siapa yang berpuasa akan dihilangkan 30 kesulitan dan akan dibuka 30 kemudahan.
h. 8 Dzulhijjah (hari Tarwiyah) mikirnya Nabi Ibrahim tentang impian beliau apakah suatu wahyu yang datang dari Allah atau dari setan, barang siapa yang berpuasa maka tidak ada yang tahu pahalanya kecuali hanya Allah semata.18 Des 07=8 Dzul.
i. 9 Dzulhijjah ( hari Arafah ) impian Nabi Ibrahim adalah benar-benar dari Allah, barang siapa yang berpuasa maka pahalanya seperti orang yang berpuasa 2 tahun dan diampuni dosa-dosanya 2 tahun.19 Des 07=9 Dzul.
Barang siapa yang memulyakan bulan Dzulhijjah maka :
1. diberi barokah umurnya
2. diberi barokah rejeki dan hartanya
3. dijaga dari sakit dan musibah
4. dijaga agar tidak berbuat dosa dalam satu tahun
5. ditingkatkan derajatnya dunia akherat
6. dimudahkan sakaratul mautnya
7. diterangi kuburnya
8. diberatkan timbangan baiknya
9. diselamatkan dihari kiamat
10.ditambah derajat di hari akhir .solat malam dimalam 8 & 9 Dzul seperti solat lailatulqodar.
Bulan yang dimulyakan / dipilih Allah anta lain :
1. 10 hari akhir bulan Ramadlan ( Lailatu Qodar )
2. Tanggal 1 – 10 Dzulhijjah ( hari Tarwiyah dan Arafah ) Bagi orang yang melakukan qurban maka setiap tetes darah dari hewan qurban dapat menebus dosa dan di hari kiamat nati dibuat untuk mengendarai waktu lewat sirathol Mustaqim
3. Tanggal 1 – 10 Muharam ( Asy Syuro )

Di kutip dari kitab Durrotun oleh bpk Karnoto, S.Pd.I SMA ISLAM KEPANJEN

0 komentar:

Pengikut

Cari Blog Ini

Memuat...
 
Powered by Blogger